Tuesday, July 7, 2015

Ramadhan: Momentum Kembali kepada Al Qur'an

"Telah nampak kerusakan di daratan dan di lautan akibat perbuatan tangan manusia supaya Allah menimpakan kepada mereka sebagian akibat perbuatan mereka agar mereka kembali(ke jalan yang benar)."(TQS. ar Rum: 41)

        Assalamu'alaikum ibu sukses. Apa kabar hari ini semoga hari ini adalah hari yang indah buat kita semua. Amin.
          Ramadhan mubarak, tidak terasa sebentar lagi bulan mulia akan meninggalkan kita. Sedih rasanya hati ini. Waktu begitu cepat berlalu, sepertinya baru kemarin 1 Ramadhan ternyata sekarang sudah masuk 22 Ramadhan. Di bulan Ramadhan inilah Allah menurunkan mukjizat kepada Rasulullah SAW berupa al Qur'an pada 17 Ramadhan.  Al Qur'an inilah sebagai pedoman hidup bagi manusia dalam menjalani kehidupan di dunia ini secara benar. Tidak terbatas sebagai petunjuk bagi umat Muslim saja tapi al Qur'an ini petunjuk bagi seluruh manusia di bumi. Allah SWT tidak sekedar sebagai Pencipta jagad raya ini tapi Allah SWT juga Dzat pengatur seluruh kehidupan di bumi. Oleh karenanya agar kehidupan manusia bisa damai dan sejahtera di bumi ini satu-satunya jalan harus mengikuti manual instruction dari Sang Pencipta yakni berpedoman al Qur'an yg terbukti ASLI dari Allah SWT.
       Jika manusia menyeleweng/menyimpang dari al Qur'an maka akan menimbulkan banyak kerusakan di bumi ini bahkan akan merusak eksistensi manusia itu sendiri. Dan hal ini sudah kita rasakan bersama bagaiman bencana yang ada di darat maupun di laut yang diakibatkan tidak taatnya manusia kepada perintah Allah SWT. Misalnya masalah kecelakaan transportasi, hal ini disebabkan karena lalainya pemimpin kita dalam mengurusi urusan rakyatnya. Padahal di dalam Islam seorang pemimpin adalah pelayan bagi rakyatnya. Tapi sekarang malah sebaliknya rakyatlah yang melayani pemimpin. Pemimpin-pemimpin kita abai akan urusan rakyatnya. Kebijakan-kebijakan yg dibuat sangat jauh dari yang namanya kepentingan rakyat.
Dan lihatlah akibatnya........
Perang saudara di mana-mana,
Kriminalitas meningkat,
Kemiskinan meningkat,
Korupsi merajalela,
Hutang negara meningkat, dll.
Semua itu tidak lain karena manusia tidak mau taat kepada aturan-aturan Allah. Karena itu kesadaran kembali pada petunjuk dan hukum-hukum Al Qur'an dan as Sunah harus diwujudkan. Kembali kepada petunjuk al Qur'an mengaharuskan kita untuk mengambil dan melaksanakan hukum-hukum yg diberikan al Qur'an dan hadist Nabi SAW, baik dalam urusan akidah, makanan, minuman, ibadah, pernikahan, akhlak, ekonomi, politik, pidana, sanksi,pemerintahan. Perwujudan semua itu akan sempurna melalui penerapan syariah Islam secara total pada seluruh aspek kehidupan dalam bingkai negara. Dengan begitu keberkahan akan dilimpahkan kepada negeri ini.

Allah SWT berfirman:
"Jika penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa,pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi....(TQS. al A'raf: 96)

Hendaknya seluruh kaum Muslim menjadikan Ramadhan kali ini sebagai momentum untuk menerapkan hukum-hukum Allah di bumi ini melalui institusi negara yakni khilafah ar Rasyidah. Itulah ketaatan hakiki. Itulah kesuksesan Ramadhan.

 

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...