Friday, January 16, 2015

ANAK BUKAN MESIN ATM ORANGTUA!!

     Halo ibu sukses. Apa kabar hari ini? Semoga hari ini adalah hari yang indah buat kita semua. Amin.
     Saya cukup miris melihat kebanyakan orangtua yang menjadikan anak sebagai mesin uang. Banyak orangtua berkata kepada anaknya,"Ayo nak cepat besar ya, biar bisa cari uang buat ibu". Sepertinya sepele tapi sangat melekat kuat di akal anak. Apalagi celotehan tersebut berulang kali diucapkan oleh orangtua. Bukankah kebahagiaan anak adalah kebahagiaan orangtua? Tidak sedikit juga orangtua yang kecewa melihat anaknya yang tidak bekerja, bukannya memberi motivasi anak untuk membuat karya tapi malah memarahi bahkan mencela anaknya tersebut. Ada juga yang malah bangga anaknya bekerja di sektor yang tidak halal seperti di bank ribawi, karena gajinya yang lumayan besar. Astaghfirullah.
Dan herannya orangtua malah malu ketika anaknya merintis usaha sendiri dengan berdagang. Padahal jelas berdagang itu dihalalkan (asal barang yang didagangkan halal) dan merupakan pintu masuk rezeki.
      Fenomena seperti ini sering saya jumpai di lingkungan sekitar, gemes rasanya ingin mengomentari ibu-ibu seperti itu. Seorang ibu juga perlu tahu  bahwa mencari kerja  halal  di zaman sekarang bukanlah perkara mudah, bukan karena anak tersebut malas. Kalau cuma kerja asal dapat duit itu banyak. Anak yang dididik secara benar dan sesuai dengan Islam tidak akan lupa akan pengorbanan orangtua kepadanya, tidak usah dimintapun anak akan memberikan segalanya untuk orangtuanya termasuk nyawanya.
      Sekali lagi anak bukanlah mesin ATM, dia adalah amanah dari Allah SWT yang harus kita rawat dan didik sesuai dengan perintah Allah SWT. Dan nantinya orangtua akan dimintai pertanggungjawaban atas amanah tersebut, bukan berapa banyak uang yang bisa dihasilkan oleh anak tersebut tapi sudahkah kita mendidik mereka dengan benar dan sesuai syariat Islam?!
    Anak adalah aset orangtua pada hari akhir kelak, merekalah yang bersaksi atas apa yang sudah orangtua beri untuk mereka. Apakah dengan cara yang halal ataukah haram? Anak adalah aset peradaban Islam, sudah selayaknya kita didik sebaik mungkin agar menjadi seperti generasi para sahabat Nabi SAW.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...