Monday, October 27, 2014

MITOS VS FAKTA

MITOS VS FAKTA

    Halo ibu sukses. Apa kabar hari ini? Semoga hari ini adalah hari yang indah buat kita semua. Amin.
    Anak ibu pernah suleten? atau sumeden? suleten ini sejenis penyakit kulit yg penampakannya seperti luka bakar atau suatu kondisi di mana kulit bayi mentol berisi cairan hingga nampak melepuh. Dan biasa terjadi pada bayi dan anak balita. Hari ini  anak saya Rofi (1th) sedang terkena penyakit suleten. Penyebabnya saya belum tahu.
    Di Jawa, ada mitos yang terkait dengan hal tersebut. Kata orang tua jaman dulu, anak terkena suleten dikarenakan ada barang-barang dari anak tersebut yang tidak sengaja terbakar misalnya ada popok, celana, atau diapersnya yg terbakar jadi hasil terbakarnya barang-barang tadi membekas ke kulit anak dan jadilah suleten. Ini mitos yg berkembang di Jawa.
  Saya pun antara percaya tidak percaya mengenai mitos tersebut. Ceritanya begini ketika membeli jajanan di warung tetangga dan pada saat itu anaknya sedang terkena suleten, spontan saya bertanya, "Anaknya kenapa mb?". "Oh, kena suleten Mb. Kemarin pipisnya terbakar," ceritanya. "Loh, apa hubungannya antara pipis yang terbakar sama suleten?", tanya saya. "Wah itu kata orang tua jaman dulu mb." terangnya.
    Setelah selesai membeli jajanan, saya pulang. 3 hari kemudian, seperti biasa pagi hari, saya menjalani tugas sebagai ibu rumah tangga, memandikan anak, menyuapi anak, memasak, mencuci baju dan piring, menyapu. Setelah selesai mengantar anak ke sekolah, saya pun bermain-main dengan si bungsu, Rofi. Setelah bermain, dia pun tidur, selagi dia tidur saya membereskan rumah termasuk membakar sampah.
    Selang beberapa menit terdengar tangis Rofi dari dalam kamar, saya pun menghampirinya dan menggendongnya. Sambil saya usap rambutnya agar reda tangisnya, di situlah ada yang ganjil dengan kepalanya, ada semacam luka bakar yg muncul di kepala samping kiri dan di dekat telinga. Saya kaget sambil bertanya-tanya, "Kenapa ini, tadi pagi sewaktu aku mandi belum ada, kok tiba-tiba muncul seperti ini?" tanya saya dalam hati. Saya pun mengoles luka tersebut dengan minyak zaitun, kemudian saya potong rambutnya agar tidak melebar lukanya. 
    Itulah cerita saya tentang suleten. Sampai sekarang saya masih percaya tidak percaya dengan mitos tersebut.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...